Shortcut
  • Shortcut [CTRL + Y] digunakan untuk redo.
  • Shortcut [CTRL + Z] digunakan untuk undo.
  • Shortcut [CTRL + X] digunakan untuk cut.
  • Shortcut [CTRL + V] digunakan untuk paste.
  • Shortcut [CTRL + C] digunakan untuk copy.
  • IFNA Function

    Penjelasan:

    Fungsi IFNA, salah satu fungsi LOGICAL untuk mengevaluasi satu formula, bila formula benar akan menghasilkan nilai yang diformulakan dan bila error #N/A akan menampilkan atau melakukan kondisi lain.


     

    Formula:

    IFNA(value, value_if_na)

    value (required) : Argumen yang akan dicek formulanya.

    value_if_na (required) : Nilai yang akan ditampilkan bisa hasilnya bila tidak muncul error #N/A atau ditampilkan value_if_na bila muncul error #N/A.

     

    Excel Versi:

    Excel for Office 365, Excel for Office 365 for Mac, Excel 2019, Excel 2016, Excel 2019 for Mac, Excel 2013, Excel 2016 for Mac, Excel for Mac 2011, Excel Online, Excel for iPad, Excel for iPhone, Excel for Android tablets, Excel for Android phones, Excel Mobile.

     

    Tips:

    1. Jika Value atau value_if_na adalah sel kosong, IFNA memperlakukannya sebagai nilai string kosong ("").
    2. Jika Nilai adalah rumus array, IFNA mengembalikan array hasil untuk setiap sel dalam rentang yang ditentukan dalam nilai.

     

    Contoh:

    Copy contoh table di bawah ke sel A1 dilembaran kerja baru di Excel. Agar rumusnya berjalan dengan baik, tekan F2 pada sel Formula dan kemudian tekan ENTER. Jika perlu, Anda dapat menyesuaikan lebar kolom untuk melihat semua data.

    Kota    
    Jakarta    
    Bandung    
    Surabaya    
    Semarang    
         
    Formula Hasil Keterangan
    =IFNA (VLOOKUP ("Surabaya"; A2:A5; 1; 0); "Tidak ditemukan") Surabaya Mencari kota Surabaya (B8) dari daftar A2:A5 dan dihasilkan Surabaya.
    =IFNA (VLOOKUP ("Medan"; A2:A5; 1; 0); "Tidak ditemukan") Tidak ditemukan Mencari kota Medan (B12) dari daftar A2:A5 dan dihasilkan "Tidak ditemukan".

     

    File contoh bisa didownload disini.

     


    Tags : Function, Formula, Logical, IFNA