Shortcut
  • Shortcut [CTRL + Y] digunakan untuk redo.
  • Shortcut [CTRL + Z] digunakan untuk undo.
  • Shortcut [CTRL + X] digunakan untuk cut.
  • Shortcut [CTRL + V] digunakan untuk paste.
  • Shortcut [CTRL + C] digunakan untuk copy.
  • HYPERLINK Function

    Penjelasan:

    Fungsi HYPERLINK; salah satu fungsi  LOOKUP & REFERENCE yang digunakan untuk membuat pintasan link ke lokasi lain di buku kerja, atau membuka dokumen yang disimpan di server jaringan, intranet, atau Internet. Saat Anda mengklik sel yang berisi fungsi HYPERLINK, Excel melompat ke lokasi yang terdaftar, atau membuka dokumen yang Anda tentukan.


     

    Formula:

    HYPERLINK(link_location, [friendly_name])

    link_location (required) : Path dan nama file ke dokumen yang akan dibuka. Link_location dapat merujuk ke suatu tempat di dokumen - seperti sel tertentu atau rentang bernama di lembar kerja atau buku kerja Excel, atau ke bookmark di dokumen Microsoft Word. Path bisa ke file yang disimpan di hard disk drive. Jalur ini juga bisa menjadi jalur konvensi penamaan universal (UNC) di server (di Microsoft Excel untuk Windows) atau jalur Uniform Resource Locator (URL) di Internet atau intranet.

    [friendly_name] (option) : Teks link atau nilai numerik yang ditampilkan di sel. Friendly_name ditampilkan dengan warna biru dan bergaris bawah. Jika friendly_name dihilangkan, sel menampilkan tautan_lokasi sebagai teks lompat.

    • Friendly_name bisa berupa nilai, string teks, nama, atau sel yang berisi teks atau nilai lompatan.
    • Jika friendly_name mengembalikan nilai kesalahan (misalnya, #VALUE!), Sel menampilkan kesalahan alih-alih teks lompat.

     

    Excel Versi:

    Excel for Office 365, Excel for Office 365 for Mac, Excel 2019, Excel 2016, Excel 2019 for Mac, Excel 2013, Excel 2010, Excel 2007, Excel 2016 for Mac, Excel for Mac 2011, Excel Online, Excel for iPad, Excel for iPhone, Excel for Android tablets, Excel for Android phones, Excel Mobile, Excel Starter 2010.

     

    Contoh:

    Copy contoh table di bawah ke sel A1 dilembaran kerja baru di Excel. Agar rumusnya berjalan dengan baik, tekan F2 pada sel Formula dan kemudian tekan ENTER. Jika perlu, Anda dapat menyesuaikan lebar kolom untuk melihat semua data.

     

    Buttom Area
       
    Formula =HYPERLINK ("http://example.microsoft.com/report/budget report.xlsx"; "Click for report")
    Link Click for report
       
    Formula =HYPERLINK ("[http://example.microsoft.com/report/budget report.xlsx]Annual!F10"; A1)
    Link Buttom
       
    Formula =HYPERLINK ("[http://example.microsoft.com/report/budget report.xlsx]'First Quarter'!DeptTotal"; "Click to see First Quarter Department Total")
    Link Click to see First Quarter Department Total
       
    Formula =HYPERLINK ("http://example.microsoft.com/Annual Report.docx]QrtlyProfits"; "Quarterly Profit Report")
    Link Quarterly Profit Report
       
    Formula =HYPERLINK("\\FINANCE\Statements\1stqtr.xlsx"; B1)
    Link Area

     

    File contoh bisa didownload disini.

     


    Tags : Function, Formula, Lookup, Reference, HYPERLINK