Penjelasan: Fungsi XOR, salah satu fungsi LOGICAL untuk membanding satu atau lebih parameter dimana akan dihasilkan TRUE bila salah satu saja argumennya benar dan FALSE bila semuanya salah atau semuanya benar.
Penjelesan: Fungsi TRUE, salah satu fungsi LOGICAL untuk menghasilkan nilai TRUE.
Penjelasan: Fungsi SWITCH, salah satu fungsi LOGICAL untuk mengambil satu nilai terhadap sederatan data untuk diambil hasilnya.
Penjelasan: Fungsi OR, salah satu fungsi LOGICAL untuk membanding satu atau lebih parameter dimana akan dihasilkan TRUE bila salah satu atau semuanya argumennya benar dan FALSE bila semuanya salah.
Penjelasan: Fungsi NOT, salah satu fungsi LOGICAL untuk mengambil nilai lain dari satu logical TRUE dan FALSE atau 0 dan 1.
Penjelasan: Fungsi IFS, salah satu fungsi LOGICAL untuk melakukan test terhadap beberapa argumen untuk mendapatkan satu kondisi yang benar untuk menghasilkan nilai TRUE.
Penjelasan: Fungsi IFNA, salah satu fungsi LOGICAL untuk mengevaluasi satu formula, bila formula benar akan menghasilkan nilai yang diformulakan dan bila error #N/A akan menampilkan atau melakukan kondisi lain.
Penjelasan: Fungsi IFERROR, salah satu fungsi LOGICAL untuk mengevaluasi satu formula, bila formula benar akan menghasilkan nilai yang diformulakan dan bila error akan menampilkan atau melakukan kondisi lain.
Penjelasan: Fungsi IF, salah satu fungsi LOGICAL untuk menghasilkan dua kondisi TRUE atau FALSE. Misal; membanding nilai ujian bila kurang atau sama dengan 5 akan menghasilkan KURANG dan bila lebih 5 akan menghasilkan BAGUS.
Penjelesan: Fungsi FALSE, salah satu fungsi LOGICAL untuk menghasilkan nilai FALSE.

Follow Excel Mudah! Anda dapat bergabung dengan komunitas Excel Mudah di Group Whatsapp untuk bertanya dan mendapatkan dukungan atau berbagi tips, triks dan pengalaman. Twitter, Facebook, Telegram, Whatsapp, Youtube
TUJUAN TRAINING: Excel for Excellence Manager didesign untuk membekali para manager dengan teknikal skill Excel yang akan memudahkan para manager mengolah data menjadi informasi yang strategis secara tepat dan mudah serta mandiri.
Follow Excel Mudah! Anda dapat bergabung dengan komunitas Excel Mudah di Group Whatsapp untuk bertanya dan mendapatkan dukungan atau berbagi tips, triks dan pengalaman. Twitter, Facebook, Telegram, Whatsapp, Youtube
Celetuk

Shortcut [CTRL + Y] digunakan untuk redo.

Shortcut [CTRL + Z] digunakan untuk undo.

Shortcut [CTRL + X] digunakan untuk cut.

Shortcut [CTRL + V] digunakan untuk paste.

Shortcut [CTRL + C] digunakan untuk copy.

Dalam penulisan fungsi dalam rentang data biasanya dituliskan dengan format [sel-1]:[sel-n], dimana sel-1 adalah sel pertama dan sel-n adalah sel terakhir. Ini berlaku dalam satu sheet yang sama. Bagaimana dengan formula untuk menghitung data dalam rentang sheet yang berbeda.
Fungsi IF, fungsi IFS dan fungsi SWITCH mempunyai kemiripan satu sama lain yang terkadang bisa salah dalam memilih formula karena kemiripan tersebut. Pada tulisan kita kali ini kita membahas perbedaan ketiga fungsi tersebut? Sebelumnya bisa dibaca terlebih dahulu tentang fungsi IF, fungsi IFS dan fungsi SWITCH.
Anda tentu pernah mendapatkan data yang bentuknya masih dalam format form, dimana datanya disusun dari atas kebawah. Bagi mereka yang sering berkecimpung dengan survey tentu tidak asing dengan data ini. Sekarang tugas Anda adalah melakukan rekap data untuk dianalisa. Tentu Anda akan diminta untuk membuat rekap data dalam bentuk tabel dimana data yang tadinya dalam bentuk form diubah menjadi bentuk tabel.