Tutorial : Konsolidasi Beberapa Sheet Dalam Satu PivotTable

PivotTable dapat melakukan konsolidasi data dari beberapa lembaran kerja atau bahkan dibeberapa file yang terpisah. Dengan kemampuan ini, data yang akan dikelola juga akan semakin besar dan bahkan tidak terbatas.


 

Konsolidasi data dengan menggabungkan beberapa data dalam satu laporan merupakan satu cara untuk menangani data dari banyak sumber. Misalnya; membuat laporan penjualan dari beberapa cabang toko dari berbagai wilayah dan kota kedalam satu laporan. Dengan menggabungkan data ini Anda bisa membuatkan laporan transaksi penjualan perusahaan secara keseluruhannya dalam satu laporan.

Berikut langkah-langkah untuk konsolidasi data kedalam PivotTable:

1. Contoh ini akan membuat laporan bulanan untuk penjualan Cabang; Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya.

2. Download contoh data disini.

3. Buka file, file akan berisi lima lembar kerja; "Cabang Jakarta", "Cabang Bandung", "Cabang Semarang", Cabang Surabaya" dan "Konslidasi". Kita akan membuat Konslidasi baru di lembaran kerja baru.

4. Tekan tombol ALT + D + P

 Tutorial PivotTabel

5. Pilih Multiple consolidation ranges
6. Klik Next

 Tutorial PivotTabel

7. Pilih Create a single page field for me
8. Klik Next

 Tutorial PivotTabel

9. Tempat kursor difield Range kemudian blok rentang area A1:B12 pada lembaran kerja "Cabang Jakarta"

 Tutorial PivotTabel

10. Klik Add
11. Ulangi langkah 11 dan 12 untuk lembaran kerja "Cabang Bandung", "Cabang Semarang" dan "Cabang Surabaya"

 Tutorial PivotTabel

12. Klik Next

Tutorial PivotTabel

13. Pilih New worksheet
14. Klik Finish
15. Maka akan ditampilkan hasil konsolidasi di lembaran kerja baru.

 Tutorial PivotTabel

 

Contoh file untuk tutorial ini bisa didownload disini.

Tags : Excel, Tutorial, PivotTable
Comments
Follow Excel Mudah! Anda dapat bergabung dengan komunitas Excel Mudah di Group Whatsapp untuk bertanya dan mendapatkan dukungan atau berbagi tips, triks dan pengalaman. Cooming soon : Twitter, Facebook, Telegram, Whatsapp
Youtube
TUJUAN TRAINING: Excel for Excellence Manager didesign untuk membekali para manager dengan teknikal skill Excel yang akan memudahkan para manager mengolah data menjadi informasi yang strategis secara tepat dan mudah serta mandiri.
Follow Excel Mudah! Anda dapat bergabung dengan komunitas Excel Mudah di Group Whatsapp untuk bertanya dan mendapatkan dukungan atau berbagi tips, triks dan pengalaman. Cooming soon : Twitter, Facebook, Telegram, Whatsapp
Celetuk

Shortcut [CTRL + Y] digunakan untuk redo.

Shortcut [CTRL + Z] digunakan untuk undo.

Shortcut [CTRL + X] digunakan untuk cut.

Shortcut [CTRL + V] digunakan untuk paste.

Shortcut [CTRL + C] digunakan untuk copy.

Anda tentu pernah mendapatkan data yang bentuknya masih dalam format form, dimana datanya disusun dari atas kebawah. Bagi mereka yang sering berkecimpung dengan survey tentu tidak asing dengan data ini. Sekarang tugas Anda adalah melakukan rekap data untuk dianalisa. Tentu Anda akan diminta untuk membuat rekap data dalam bentuk tabel dimana data yang tadinya dalam bentuk form diubah menjadi bentuk tabel.
Dalam membuat penawaran dari satu projek, kita selalu diharuskan membuat penawaran tidak boleh lebih dari nilai budget yang sudah dianggarkan. Harga satuan juga harus dibulatkan ke ratusan, ribuan atau jutaan.
Anda mempunyai setumpuk data dan Anda mendapatkan banyak data yang ganda? Maka "Remove Duplicates" adalah satu cara yang mudah dan cepat untuk menghapus data ganda.