Tutorial : Membuat PivotTable

Salah satu kemampuan Microsoft Excel yang banyak dipakai adalah PivotTable. PivotTable digunakan untuk menghitung, menganalisa dan membuat rangkuman data  sehingga Anda bisa melihat perbandingan, pola, trend dari data Anda.


 

PivotTable banyak digunakan untuk membuat analisa dan report seperti; analisa penjualan, laporan stok gudang, pola laju pertumbuhan ekonomi, neraca keuangan dan banyak lagi bentuk data yang bisa dihasilkan dengan PivotTable.

Dalam PivotTable Anda bisa melakukan sortir dan filter terhadap berbagai kriteria data yang diinginkan. Anda juga dapat melakukan perhitungan; avarage, summary, nilai max, nilai min, variant dan lain sebagainya.

Yang perlu diperhatikan dalam membuat PivotTable adalah struktur data yang akan diolah harus sudah rapi. Data dikelompokkan berdasarkan kategori atau parameter yang dapat dijadikan sebagai basis dalam membuat PivotTable. Misalnya; kategory berdasarkan kelompok barang, ukuran, warna, jenis kelamin, usia dan lain sebagainya.

Contoh; data penjualan mobil dalam tahun 2018, Maka data yang harus disiapkan adalah; Merek, Type, Tahun Keluaran, Warna, Tanggal Penjualan, Cabang Dealer, Nama Sales, Harga. Dengan data ini Anda bisa melakukan analisa; Merek yang paling banyak dijual, Tahun keluaran diminati pembeli, Dealer yang paling laris, Nama Sales yang banyak menjual mobil, Warna yang tidak disukai pembeli, Trend penjualan setiap bulannya, Top Sale dan lain-lain.

Untuk membuat PivotTable adalah dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Siapkan data yang akan dibuatkan PivotTable-nya. File contoh bisa didownload disini.

 Tutorial PivotTabel

 

  1. Blok rentang data yang akan dibuatkan PivotTabel

 Tutorial PivotTabel

 

  1. Klik menu Insert / PivotTable

 Tutorial PivotTabel

 

  1. Rentang data yang dipilih pada poin 2 akan ditampilkan di field Table/Range. Bila ingin merubah rentang data, silahkan edit field Table/Range atau klik tanda panah merah yang sebelah kanan dan kemudian blok rentang data sesuai dengan poin 2

 Tutorial PivotTabel

 

  1. Hasil PivotTable akan ditempatkan di lembar kerja baru, bila ingin hasilnya ditempatkan di lembar kerja sekarang atau dilembar kerja yang lain maka klik panah merah yang ada di Location kemudian pilih sel dimana hasilnya akan ditempatkan. Contoh ini kita menggunakan lembar kerja baru.

 

  1. Klik OK

 Tutorial PivotTabel

 

  1. Pada sebelah kanan lembaran kerja akan muncul PivotTable Fields. Disini Anda bisa memilih data yang akan ditampilkan dalam PivotTable dengan cara mencentang. Hasilnya akan dimunculkan di kotak Rows dan di area PivotTable akan ditampilkan data dari field yang dipilih. Anda bisa juga menyeret field yang diinginkan ke kotak dibawahnya.

 Tutorial PivotTabel

 

  1. Dalam tutorial ini pilih field; Tanggal, Sales dan Product. Penjualan diseret ke kotak Value.

 Tutorial PivotTabel

 

  1. Di area PivotTable dihasilkan seperti di bawah

 Tutorial PivotTabel

 

  1. Sampai disini proses pembuatan PivotTable sudah selesai. Anda tinggal melakukan formating agar tampilannya lebih bagus.
  2. Berikut formating data diatas:

 Tutorial PivotTabel

 

Tips:

  1. Untuk melakukan filter data, klik field yang akan difilter kemudian klik kotak putih yang ada segitiga yang ada di atas field tersebut dan pilih data yang diinginkan.
  2. Bila ingin filter data yang tidak ada dalam report, Anda bisa menyeret field data ke kotak Filters dan field ini akan muncul di atas PivotTable (A1).

 

Contoh tutorial ini bisa Anda download disini.

Tags : Excel, Tutorial, PivotTable
Comments
Follow Excel Mudah! Anda dapat bergabung dengan komunitas Excel Mudah di Group Whatsapp untuk bertanya dan mendapatkan dukungan atau berbagi tips, triks dan pengalaman. Cooming soon : Twitter, Facebook, Telegram, Whatsapp
Youtube
TUJUAN TRAINING: Excel for Excellence Manager didesign untuk membekali para manager dengan teknikal skill Excel yang akan memudahkan para manager mengolah data menjadi informasi yang strategis secara tepat dan mudah serta mandiri.
Follow Excel Mudah! Anda dapat bergabung dengan komunitas Excel Mudah di Group Whatsapp untuk bertanya dan mendapatkan dukungan atau berbagi tips, triks dan pengalaman. Cooming soon : Twitter, Facebook, Telegram, Whatsapp
Celetuk

Shortcut [CTRL + Y] digunakan untuk redo.

Shortcut [CTRL + Z] digunakan untuk undo.

Shortcut [CTRL + X] digunakan untuk cut.

Shortcut [CTRL + V] digunakan untuk paste.

Shortcut [CTRL + C] digunakan untuk copy.

Anda tentu pernah mendapatkan data yang bentuknya masih dalam format form, dimana datanya disusun dari atas kebawah. Bagi mereka yang sering berkecimpung dengan survey tentu tidak asing dengan data ini. Sekarang tugas Anda adalah melakukan rekap data untuk dianalisa. Tentu Anda akan diminta untuk membuat rekap data dalam bentuk tabel dimana data yang tadinya dalam bentuk form diubah menjadi bentuk tabel.
Dalam membuat penawaran dari satu projek, kita selalu diharuskan membuat penawaran tidak boleh lebih dari nilai budget yang sudah dianggarkan. Harga satuan juga harus dibulatkan ke ratusan, ribuan atau jutaan.
Anda mempunyai setumpuk data dan Anda mendapatkan banyak data yang ganda? Maka "Remove Duplicates" adalah satu cara yang mudah dan cepat untuk menghapus data ganda.