AGGREGATE Function

Penjelasan:

Fungsi AGGREGATE, salah satu fungsi MATH & TRIGONOMETRI yang digunakan untuk Mengembalikan agregat dalam daftar atau basis data. Fungsi AGGREGATE dapat menerapkan fungsi agregat yang berbeda ke daftar atau database dengan opsi untuk mengabaikan baris tersembunyi dan nilai kesalahan.


 

Formula:

=AGGREGATE(function_num, options, ref1, [ref2], …)
=AGGREGATE(function_num, options, array, [k])

function_number (required) : Angka 1 hingga 19 yang menentukan fungsi mana yang digunakan.

Function_num Function
1 AVERAGE
2 COUNT
3 COUNTA
4 MAX
5 MIN
6 PRODUCT
7 STDEV.S
8 STDEV.P
9 SUM
10 VAR.S
11 VAR.P
12 MEDIAN
13 MODE.SNGL
14 LARGE
15 SMALL
16 PERCENTILE.INC
17 QUARTILE.INC
18 PERCENTILE.EXC
19 QUARTILE.EXC

option (required) : Nilai numerik yang menentukan nilai mana yang diabaikan dalam rentang evaluasi untuk fungsi. Fungsi tidak akan mengabaikan baris tersembunyi, subtotal bersarang, atau agregat bertumpuk jika argumen array menyertakan perhitungan, misalnya: = AGGREGATE (14,3, A1: A100 * (A1: A100> 0), 1)

Option Behavior
0 or omitted Ignore nested SUBTOTAL and AGGREGATE functions
1 Ignore hidden rows, nested SUBTOTAL and AGGREGATE functions
2 Ignore error values, nested SUBTOTAL and AGGREGATE functions
3 Ignore hidden rows, error values, nested SUBTOTAL and AGGREGATE functions
4 Ignore nothing
5 Ignore hidden rows
6 Ignore error values
7 Ignore hidden rows and error values

ref1 (required). Argumen numerik pertama untuk fungsi yang mengambil beberapa argumen numerik yang Anda inginkan nilai agregatnya.

ref2, ... (Opsional). Argumen numerik 2 hingga 253 yang Anda inginkan nilainya agregat.

Untuk fungsi yang mengambil array, ref1 adalah array, rumus array, atau referensi ke rentang sel yang Anda inginkan nilai agregat. Ref2 adalah argumen kedua yang diperlukan untuk fungsi-fungsi tertentu. Fungsi-fungsi berikut membutuhkan argumen ref2:

Function
LARGE(array,k)
SMALL(array,k)
PERCENTILE.INC(array,k)
QUARTILE.INC(array,quart)
PERCENTILE.EXC(array,k)
QUARTILE.EXC(array,quart)

Catatan:

Function_num :

Segera setelah Anda mengetik argumen function_num saat Anda memasukkan fungsi AGGREGATE ke dalam sel di lembar kerja, Anda akan melihat daftar semua fungsi yang bisa Anda gunakan sebagai argumen.

 

Excel Versi:

Excel for Office 365, Excel for Office 365 for Mac, Excel 2019, Excel 2016, Excel 2019 for Mac, Excel 2013, Excel 2010, Excel 2016 for Mac, Excel for Mac 2011, Excel Online, Excel for iPad, Excel Web App, Excel for iPhone, Excel for Android tablets, Excel for Android phones, Excel Mobile, Excel Starter 2010.

 

Tips:

  1. Jika argumen ref kedua diperlukan tetapi tidak diberikan, AGGREGATE mengembalikan #VALUE! kesalahan.
  2. Jika satu atau lebih referensi adalah referensi 3-D, AGGREGATE mengembalikan #VALUE! nilai kesalahan.
  3. Fungsi AGGREGATE dirancang untuk kolom data, atau rentang vertikal. Itu tidak dirancang untuk baris data, atau rentang horizontal. Misalnya, saat Anda memberi subtotal rentang horizontal menggunakan opsi 1, seperti AGGREGATE (1, 1, ref1), menyembunyikan kolom tidak memengaruhi nilai jumlah agregat. Namun, menyembunyikan baris dalam rentang vertikal tidak memengaruhi agregat.

 

Contoh:

Copy contoh table di bawah ke sel A1 dilembaran kerja baru di Excel. Agar rumusnya berjalan dengan baik, tekan F2 pada sel Formula dan kemudian tekan ENTER. Jika perlu, Anda dapat menyesuaikan lebar kolom untuk melihat semua data.

Data    
#DIV/0! 82  
72 65  
30 95  
#NUM! 63  
31 53  
96 71  
32 55  
81 83  
33 100  
53 91  
34 89  
Formula Hasil Keterangan
=AGGREGATE(4; 6; A2:A12) 96 Menghitung nilai maksimum sambil mengabaikan nilai kesalahan dalam rentang
=AGGREGATE(14; 6; A2:A12; 3) 72 Menghitung nilai terbesar ke-3 sambil mengabaikan nilai kesalahan dalam rentang
=AGGREGATE(15; 6; A2:A12) #VALUE! Akan mengembalikan #VALUE! kesalahan. Ini karena AGGREGATE mengharapkan argumen ref kedua, karena fungsi (KECIL) membutuhkannya.
=AGGREGATE(12; 6; A2:A12; B2:B12) 68 Menghitung median sambil mengabaikan nilai kesalahan dalam rentang
=MAX(A2:A3) #DIV/0! Akan mengembalikan nilai kesalahan, karena ada nilai kesalahan dalam rentang evaluasi.
Tags : Function, Formula, MATH, TRIGONOMETRI, ACOTH
Comments
Follow Excel Mudah! Anda dapat bergabung dengan komunitas Excel Mudah di Group Whatsapp untuk bertanya dan mendapatkan dukungan atau berbagi tips, triks dan pengalaman. Cooming soon : Twitter, Facebook, Telegram, Whatsapp
Youtube
TUJUAN TRAINING: Excel for Excellence Manager didesign untuk membekali para manager dengan teknikal skill Excel yang akan memudahkan para manager mengolah data menjadi informasi yang strategis secara tepat dan mudah serta mandiri.
Follow Excel Mudah! Anda dapat bergabung dengan komunitas Excel Mudah di Group Whatsapp untuk bertanya dan mendapatkan dukungan atau berbagi tips, triks dan pengalaman. Cooming soon : Twitter, Facebook, Telegram, Whatsapp
Celetuk

Shortcut [CTRL + Y] digunakan untuk redo.

Shortcut [CTRL + Z] digunakan untuk undo.

Shortcut [CTRL + X] digunakan untuk cut.

Shortcut [CTRL + V] digunakan untuk paste.

Shortcut [CTRL + C] digunakan untuk copy.

Anda tentu pernah mendapatkan data yang bentuknya masih dalam format form, dimana datanya disusun dari atas kebawah. Bagi mereka yang sering berkecimpung dengan survey tentu tidak asing dengan data ini. Sekarang tugas Anda adalah melakukan rekap data untuk dianalisa. Tentu Anda akan diminta untuk membuat rekap data dalam bentuk tabel dimana data yang tadinya dalam bentuk form diubah menjadi bentuk tabel.
Dalam membuat penawaran dari satu projek, kita selalu diharuskan membuat penawaran tidak boleh lebih dari nilai budget yang sudah dianggarkan. Harga satuan juga harus dibulatkan ke ratusan, ribuan atau jutaan.
Anda mempunyai setumpuk data dan Anda mendapatkan banyak data yang ganda? Maka "Remove Duplicates" adalah satu cara yang mudah dan cepat untuk menghapus data ganda.