MEDIAN Function

Penjelasan:

Fungsi MEDIAN, salah satu fungsi STATISTICAL yang digunakan untuk mendapatkan nilai tengah dari deretan data dalam rentang yang ditentukan.



Formula:

=MEDIAN(number1, [number2], …)
  • number1 (required) : Angka pertama, referensi sel, atau rentang yang Anda ingin dihitung rata-ratanya.
  • number2 (opsional) : Angka tambahan, referensi sel, atau rentang yang Anda ingin hitung rata-ratanya, hingga maksimum 255.


Excel Versi:

Excel untuk Office 365, Excel untuk Office 365 untuk Mac, Excel untuk web, Excel 2019, Excel 2016, Excel 2019 untuk Mac, Excel 2013, Excel 2010, Excel 2007, Excel 2016 untuk Mac, Excel untuk Mac 2011, Excel Starter 2010


Catatan:

  1. Argumen bisa berupa angka, referansi cel, rentang.
  2. Nilai dalam bentuk text, logika, sel kosong tidak akan dihitung.
  3. Nilai 0 (NOL) akan dihitung sebagai bagian nilai.


Contoh:

Copy contoh table di bawah ke sel A1 dilembaran kerja baru di Excel. Agar rumusnya berjalan dengan baik, tekan F2 pada sel Formula dan kemudian tekan ENTER. Jika perlu, Anda dapat menyesuaikan lebar kolom untuk melihat semua data.

Data  
4  
4  
4  
5  
6  
7  
7  
8  
9  
   
Formula Median
=MEDIAN(A2:A10) 6

 

Tags : Function, Formula, STASISTICAL, MEDIAN
Follow Excel Mudah! Anda dapat bergabung dengan komunitas Excel Mudah di Group Whatsapp untuk bertanya dan mendapatkan dukungan atau berbagi tips, triks dan pengalaman. Twitter, Facebook, Telegram, Whatsapp, Youtube
TUJUAN TRAINING: Excel for Excellence Manager didesign untuk membekali para manager dengan teknikal skill Excel yang akan memudahkan para manager mengolah data menjadi informasi yang strategis secara tepat dan mudah serta mandiri.
Follow Excel Mudah! Anda dapat bergabung dengan komunitas Excel Mudah di Group Whatsapp untuk bertanya dan mendapatkan dukungan atau berbagi tips, triks dan pengalaman. Twitter, Facebook, Telegram, Whatsapp, Youtube
Celetuk

Shortcut [CTRL + Y] digunakan untuk redo.

Shortcut [CTRL + Z] digunakan untuk undo.

Shortcut [CTRL + X] digunakan untuk cut.

Shortcut [CTRL + V] digunakan untuk paste.

Shortcut [CTRL + C] digunakan untuk copy.

Kali ini kita belajar tutorial tentang cara mengaplikasikan beberapa fungsi Excel dalam untuk mebuat kode produk, dimana kode produk yang akan kita buat berdasarkan merek produk, category harga dan nomor urut.
Dalam penulisan fungsi dalam rentang data biasanya dituliskan dengan format [sel-1]:[sel-n], dimana sel-1 adalah sel pertama dan sel-n adalah sel terakhir. Ini berlaku dalam satu sheet yang sama. Bagaimana dengan formula untuk menghitung data dalam rentang sheet yang berbeda.
Fungsi IF, fungsi IFS dan fungsi SWITCH mempunyai kemiripan satu sama lain yang terkadang bisa salah dalam memilih formula karena kemiripan tersebut. Pada tulisan kita kali ini kita membahas perbedaan ketiga fungsi tersebut? Sebelumnya bisa dibaca terlebih dahulu tentang fungsi IF, fungsi IFS dan fungsi SWITCH.